Mau tau cara buat yang seperti ini, silahkan klik disini

widget by Kianhome
Postingan kali ini k'ian mau membahas mengenai arti & fungsi logika dalam kode HTML yang pada dasarnya sering kali kita temui pada template yang bergenre baru. Secara bahasa pengertian dari fungsi Logika itu sendiri adalah pemahaman mengenai sebab dan akibat, dimana sebuah kejadian (akibat yang ditimbulkan) selalu memiliki alasan penyebabnya.
sebagai contoh :
"jika kita kena air, maka kita akan basah"
Dari contoh diatas terlihat bahwa penyebab kita menjadi basah adalah kena air, meskipun kita balik kalimat diatas sebab dan akibatnya akan tetap sama. Dalam hal peng-kodean, fungsi logika sangat lumrah kita temui bahkan hampir sebagian template yang ada di blog kita-semua kodenya terdiri dari fungsi logika selain kode CSS dan HTML/Javascript tentunya. Untuk itulah tidak ada salahnya jika K'ian membahasnya dalam postingan kali ini.

Berikut ini adalah Fungsi logika yang lazim digunakan dalam Template Genre baru pada blog kita, perhatikan baik-baik :
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
Kode Pertama
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
Kode Kedua

Secara kasat mata kedua Fungsi Logika diatas sangatlah mirip/sama bahkan terlihat tidak ada beda sama sekali, namun bila kita perhatikan lebih seksama terlihat perbedaannya. Penjelasannya sebagai berikut:
Pada kode pertama terdapat sebuah kode,
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
dengan kondisi tanda penghubungnya "!=" (tanda seru dan sama dengan), sedangkan pada kode kedua tanda penghubungnnya "==" (2 buah tanda sama dengan). Jika kamu sudah mengetahui letak perbedaannya, kita akan membahas apa maksud dan bagaimana kegunaannya.
Pada kode pertama fungsi yang dijalankan adalah memunculkan sebuah item (baik berupa widget atau main post) ketika kondisi halaman berada dihalaman utama, dan menyembunyikannya ketika kita berada pada halaman entry atau postingan yang kita pilih.
Pada kode Kedua fungsi yang dijalankan adalah menyembunyikan sebuah item (baik berupa widget atau main post utama) ketika kondisi Halaman berada pada posisi dihalaman utama, dan memunculkannya ketika kita berada pada halaman entry atau postingan yang kita pilih.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi logika yang kita gunakan berguna sebagai kode yang mampu menyembunyikan sebuah item dengan kondisi tertentu dan membuat Halaman Blog kita menjadi lebih simple, Elegant, dan tentunya sangat enteng untuk loadingnya. Kedua fungsi logika diatas sudah k'ian gunakan dalam blog ini dan kamu bisa lihat hasilnya.

Perhatikan ketika kamu masuk pada halaman utama diblog ini, disitu kamu bisa lihat ada kolom widget tepat dibawah header. lihat contoh :



Pada gambar kedua tidak terlihat widget tepat dibawah Header, sehingga tampilannya sebagai berikut, lihat contoh :




Jika kamu sudah merasa sedikit paham ataupun telah paham betul, maka kita akan melanjutnya pola penerapannya pada kode HTML di template kita. Tapi kalau kamu merasa masih sangat bingung silahkan kirim komentar dan silahkan ditanyakan disana.

Jangan lupa tunggu postingan " Memahami Arti & Fungsi Logika pada kode HTML versi 2 "

Share to :

Related Post :


About the Author :

K'ian is a designer, web tutorial design, and blogging enthusiasts. Tutorial blog debut the first time when entering college, when I get to know the world wide internet and so much more. Now I work at one of the state trading company, a job that would conflict with the world of blogging and web design. Today remains a serious manage blog " Kolam Blogging Tips | Kianhome ".

7 Response to "Memahami Arti & Fungsi Logika pada kode HTML"

  1. Rizky2009 Said,

    kalau aq yang simple2 aja deh sob.... inti dari ngeblog buat aq adalah postingan ...Replay

     

  2. Kian Coi Said,

    @ Rizky : sebenarnya sih ia sob, hanya saja kita perlu mengetahuinya meskipun sedikit..!!! thank's da comment ...Replay

     

  3. waduh makasih banget deh kawan. wah ini calon master baru nich! he3x...... ...Replay

     

  4. Kian Coy Said,

    @ musthofa : thank"s banget sob ats pujiannya,ju2r aq g pernah berpikir sejauh itu...karena tujuan utama daN visi dari blog ini juga all about share, jadi apa yg aq tau y aq bagi ke sobat2 blogger sEX-aN..BTW TQ DA comment yach>>>!!! ...Replay

     


  5. awanblue Said,
     

  6. Pandu Said,

    versi keduanya udah ada blum gan.... ?? kalo ada kontek aku yaaa gan makasiihh.... ^_^ ...Replay

     

Post a Comment

Blog ini menganut sistem "Dofollow", Silahkan Tinggal komentar, saran, kritik disini.. apapun itu jangan SPAM ok..


Berita Terkini

Friend Follower's

Tips Health

Techno

Hot Nasional

Celebrity

My Blog List

Recent Comment

© Copyright 2011 | Dikelola sepenuhnya oleh : Kiancoi
KianHome Member of PlanetBlog | SitusBersih | Support on Mozilla Firefox and Google Crome Browser
Home | Posts RSS | Comments RSS | Sexy Blog |